Rabu

Efesus 4: 11-16 sebagai Dasar Penyelenggaraan

Dalam logo STT GKI I.S. Kijne, tertulis Efesus 4: 11-16, yang bunyinya demikian:



11Dan Ialah yang memberikan baik rasul-rasul maupun nabi-nabi, baik pemberita-pemberita Injil maupun gembala-gembala dan pengajar-pengajar, 12untuk memperlengkapi orang-orang kudus bagi pekerjaan pelayanan, bagi pembangunan tubuh Kristus, 13sampai kita semua telah mencapai kesatuan iman dan pengetahuan yang benar tentang Anak Allah, kedewasaan penuh, dan tingkat pertumbuhan yang sesuai dengan kepenuhan Kristus, 14sehingga kita bukan lagi anak-anak, yang diombang-ambingkan oleh rupa-rupa angin pengajaran, oleh permainan palsu menusia dalam kelicikan mereka yang menyesatkan, 15tetapi dengan teguh berpegang kepada kebenaran di dalam kasih kita bertumbuh di dalam segalah hal ke arah Dia, Kristus, yang adalah Kepala. 16Dari pada-Nyalah seluruh tubuh, - yang rapi tersusun dan diikat menjadi satu oleh pelayanana semua bagiannya, sesuai dengan kadar pekerjaan tiap-tiap anggota – menerima pertumbuhannya dan membangun dirinya dalam kasih.

 Intisari bagian itu adalah sebagai berikut:
  1. Yesus Kristus, Kepala Gereja itu, telah memberikan jabatan-jabatan gerejawi kepada Gereja-Nya (ayat 11). 
  2. Maksud dari pemberian jabatan-jabatan itu ialah agar Gereja mempersiapkan warganya melalui pendidikan dan pengajaran iman, sehingga pada gilirannya mereka ikut serta dalam proses pertumbuhan dan pengembangan Gereja (ayat 12). 
  3. Melalui pendidikan dan pengajaran itu, warga gereja diharapkan memiliki kesatuan iman, pengetahuan yang benar tentang imannya, kedewasaan iman yang penuh dan taraf pertumbuhan iman yang sesuai dengan kehendak Yesus Kristus (ayat 13). 
  4. Dengan demikian, seluruh gereja akhirnya berada dalam suatu tingkat kedewasaan yang sesuai dengan kehendak Tuhan, tidak terombang-ambing dalam arus pencobaan dunia, serta terus menerus mengarahkan segenap dinamika kehidupannya kepada Tuhannya (ayat 14-16).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar